Cara Mudah Mengaktifkan TikTok Shop Tahun 2022


Saat ini sedang marak-maraknya orang berbelanja online lewat platform e-commerce, apalagi di masa pandemi, orang-orang berbelanja lebih mudah tanpa perlu keluar dari rumah. Tak terkecuali dengan TikTok yang saat ini telah meluncurkan fitur TIkTok Shop pada bulan April tahun 2021. Bagi kamu yang ingin mengetahui cara berjualan di TikTok, simak sampai akhir artikel tentang cara mengaktifkan TikTok Shop ini.


Aplikasi TikTok bukan hanya melulu menyuguhkan video unik dan lucu, Namun munculnya TIkTok Shop mengajakmu untuk berbelanja lebih mudah tanpa perlu beralih ke aplikasi lain. Bahkan kali ini TIkTok telah membantu jutaan orang dalam membangun bisnisnya. Jika kalian ingin tahu bagaimana mengaktifkan TikTok Shop, sehingga bisa berjualan dan berbelanja di TikTok, simak penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat TikTok Shop

Bagi kamu yang ingin mengaktifkan TikTok Shop untuk merambat bisnismu dari offline menuju online, atau mau meningkatkan omset jualan produkmu kamu bisa megikuti langkah-langkahnya di bawah ini.


1. Kunjungi Laman TikTok Shop Seller

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengaktifkan TikTok Shop adalah dengan mengunjungi laman atau situs TikTok Seller Center pada perangkat yang kamu pakai, baik menggunakan PC atau smartphone kamu.


2. Mendaftar sebagai Akun TikTok Seller

Hal kedua yang harus kamu lakukan untuk mengaktifkan TikTok Shop adalah dengan login dengan akun TikTok kamu dengan memilih pilihan Sign up with TikTok Account. Namun jika sebelumnya sudah pernah mendaftar, kamu cukup log in saja ke akun tersebut.

Apabila kamu belum mempunyai akun TikTok, kamu wajib membuatnya terlebih dahulu dengan memilih pilihan Sign up with Phone & Email.


3. Melengkapi Informasi Toko

Hal selanjutnya setelah kamu berhasil mendaftar atau login dengan akun seller adalah dengan melengkapi data-data seputar tokomu. Melengkapi informasi toko sangat berguna karena penjual akan melihat identitas tokomu terlebih dahulu. Maka kamu perlu melengkapi data terlebih dahulu sebelum kamu memulai berjualan di TikTok Shop. Setelah kamu mengisi lokasi toko dan nomor kontak, tekan start add products.


4. Verifikasi Akun TikTok Shop

Cara selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk berjualan di TikTok shop adalah dengan memverifikasi terlebih dahulu dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai seller TikTok.

Kelengkapan data yang dibutuhkan untuk memverifikasi akun penjual adalah dengan mengisi jenis bisnis yang ingin dibuat, apakah bisnis tersebut perorangan atau berbentuk korporat. Jika Perorangan,ckamu cukup memverifikasi data dengan data pribadi seperti KTP. Kamu perlu mengupload ktp kamu dengan bentuk jpeg, jpg, png, atau pdf. Pastikan KTP yang kamu upload menampilkan foto yang jelas dengan ukuran file kurang dari 10 MB.

Jika sudah terupload, pastikan terlebih dahulu data-data yang kamu isi semuanya benar. Apabila ada kekeliruan kamu bisa perbaiki terlebih dahulu, setelah itu kamu tekan simpan untuk mengirim data-data yang sudah kamu isi. TikTok akan memverifikasi terlebih dahulu identitas yang sudah kamu upload. 


5. Menambah Produk-Produk ke TikTok Shop

Cara Mengaktifkan TikTok Shop selanjutnya adalah menambahkan produk ke toko TikTokmu. Setelah Tokomu berhasil di verifikasi oleh TikTok, kamu bisa menambahkan produk ke TikTok Shop. Cara menambahkan Produk cukup dengan klik tambahkan produk pertama. 

Untuk menambahkan produk pertamamu, kamu perlu mendeskripsikan produkmu terlebih dahulu dengan mengisi nama produk dan kategori produkmu. Apabila kamu ingin menambahkan merek pada produkmu, kamu perlu mencantumkan sertifikat sebagai penjual resmi atau reseller resmi dari merek tersebut. Apabila tidak ada, cukup dikosongi saja.

Setelah berhasil memberikan deskripsi pada produkmu, hal yang harus dilakukan adalah mengupload foto produk untuk memudahkan calon pelanggan dalam berbelanja. Foto yang bisa kamu upload dalam 1 produk maksimal berisi 9 foto. Rasio yang direkomendasikan oleh TikTok adalah 1:1 agar sesuai dengan tampilan yang diberlakukan oleh TikTok.

Selanjutnya isi deskripsi lebih lanjut seputar produkmu dan juga isi informasi seputar varian produk. Varian produk mulai dari variasi, warna, ukuran, rasa, dan sebagainya. Isi di kolom variation.

Kamu juga perlu mengisi informasi fisik produk seperti berat dan dimensi ukurannya. Hal tersebut berguna untuk menentukan biaya ongkos kirim dan memudahkan pelanggan dalam menentukan produk yang ingin dibeli.

Kamu juga bisa mengisi informasi seputar  garansi dari produk yang kamu jual, dan juga cara mengklaimnya. Hal tersebut bersifat opsional. Namun apabila produkmu memiliki garansi, direkomendasikan untuk menambahkannya.

Setelah semua informasi diisi, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menyimpannya untuk mempublikasikan produkmu. Atau apabila kamu belum yakin, kamu bisa menyimpannya untuk di draft terlebih dahulu.


6. Hubungkan Tokomu Ke Rekening Bank

Setelah selesai mempublikasikan produkmu, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menghubungkan rekening bank ke TikTok Shop untuk mencairkan dana dari hasil pendapatan di Tokomu. Cara menghubungkannya dengan kembali ke homepage, lalu klik Tautkan Rekening Bank.


Tips Membuat TikTok Shop Laku Keras

Apabila kamu berhasil membuat TikTok Shop dan menambahkan produk, kamu perlu mengetahui bagaimana agar jualanmu di TikTok Shop laris manis. Disini akan kami jelaskan secara detail beberapa langkah yang perlu kamu lakukan agar jualanmu di TikTok Shop laku keras. Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Buat Katalog Produk Semenarik Mungkin

Hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat jualanmu laku keras dengan membuat Shopping tab tokomu seatraktif mungkin. Shopping tab diibaratkan sebagai etalase toko, sehingga ketika shopping tab kamu menarik, calon pembeli akan tertarik untuk berbelanja Di tokomu.

Untuk membuat Katalog produk yang menarik, kamu perlu mengupload foto produk yang berkualitas dan disusun sebaik mungkin. Kemudian konsisten dalam memilih gaya pengambilan foto, sehingga brand tokomu terlihat lebih menjanjikan. 

Kemudian hal yang perlu kamu perhatikan adalah judul produkmu. Pastikan judul yang dipakai memuat nama produk dan informasi dasar yang padat yang tidak melebihi dari batas penggunaan yang TikTok berlakukan, yaitu 34 karakter. Informasi selebihnya bisa kamu detailkan di deskripsi produk.

  1. Promosi TikTok Shop

Selain Katalog produk harus menarik, kamu juga perlu mempromosikan produkmu di TikTok. Promosi bisa kamu lakukan dengan membuat konten-konten video pendek yang menarik perhatian dengan kreatifitas dan tentunya sesuai dengan target pasarmu. Hal tersebut yang menjadi kelebihan menarik dari TikTok Shop, karena kita bisa mempromosikan jualan kita dengan konten kita sendiri.

Deskripsi pada bagian bio juga penting untuk mempromosikan brandmu. Terlebih apabila kamu juga bisa menyisipkan CTA atau website toko online kamu untuk mengarahkan pelanggan belanja ke TikTok Shop kamu.

Apabila kamu mempunyai rencana untuk membuat promosi berbayar, kamu juga bisa memanfaatkan iklan TikTok berbayar agar promosimu bisa dijangkau oleh ratusan bahkan ribuan orang. 

  1. Jalin Kerjasama dengan Influencer

Agar lebih memperluas jangkauan TikTok Shopmu, kamu juga bisa melakukan cara ini sehingga target pasarmu lebih luas. Kamu bisa bekerja sama dengan dengan akun-akun yang mempunyai followers banyak sehingga produkmu bisa dipromosikan dan dikenal banyak orang. Tentukan influencer yang memiliki followers yang sesuai dengan target pasarmu, kemudian jalin kontrak yang jelas dengan influencer, sehingga kamu tidak rugi dalam mempromosikan produkmu.

Buatlah kerjasama dengan influencer dengan membuat konten yang menarik perhatian dan mengarahkan followersnya untuk mengunjungi tokomu, harapannya followers-followers tersebut berpotensi untuk membeli produkmu.

  1. Mengadakan Live TikTok Secara Rutin

Selain kamu bekerjasama dengan Influencer, kamu juga perlu menarik perhatian pelanggan kamu dengan cara mengadakan live secara rutin. Mengadakan Live TikTok bisa dilakukan secara berkala, bisa dilakukan dengan 1 minggi sekali, atau 1 bulan sekali, namun untuk menggunakan fitur Live TikTok, ada syarat dan ketentuan yang perlu kamu penuhi terlebih dahulu, salah satunya yaitu followers harus mencapai 1000. Bagi kamu yang mau jualan dengan Live TikTok tanpa 1000 followers berikut penjelasan 8 Cara Mudah Live TikTok tanpa 1000 Followers 

Kesimpulannya untuk mengaktifkan TikTok Shop ada 6 tahapan yang harus kamu lalui, mulai dari masuk ke laman TikTok Shop Seller, mendaftarkan akun TikTokmu sebagai TikTok Shop hingga menautkan rekening bank ke akun TikTok kamu.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Mudah Mengaktifkan TikTok Shop Lengkap. Semoga memberikan manfaat bagi para pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Mengaktifkan TikTok Shop Tahun 2022"

Post a Comment

Harap berlomentar dengan sopan ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

/>